Cara merawat savanah monitor

Diposkan oleh Unknown on Monday 25 August 2014



halo bro, apa kabar ? semoga baik baik aja ya, supaya kalian bisa terus baca info dari blog saya ini hehehe, oke bro kali ini saya akan membahas tentang savanah monitor dan bagaimana cara merawat savanah monitor.
Savanah monitor atau biasa dikenal dengan sebutan savmon adalah hewan reptil sejenis kadal yang berasal dari afrika, hewan reptil ini sangat dikenal oleh masyarakat dunia karena bisa dijadikan hewan peliharaan yang jinak dan aman.
savanah monitor adalah kadal karnivora yang tercipta dengan bentuk anggota tubuh dan ujung kaki yang pendek, serta tulang dan gigi yang disesuaikan untuk dapat membunuh mangsa mereka yang cukup keras, hewan ini dapat tumbuh sepanjang 1 meter, dan untuk betina biasanya lebih kecil ukurannya.
savanah monitor biasa hidup di daerah gurun sahara afrika, biasanya hewan ini tinggal didalam gua dengan suhu sekitar 75 F, dan biasanya savmon memakan serangga, burung kecil atau reptil-reptil kecil.
Kandang
Untuk kandang savmon kalian bisa menggunakan aquarium atau kontainer plastik (tergantung ukuran savmon)
Alas Kandang 
ada beberapa alas yang bisa dipakai untuk memelihara savmon, diantaranya :
1. cocopet
kalebihannya : cocopit dapapat menyerap bau dari kotoran atau sisa makanan, harganya cukup murah sekitar 20 ribu sudah dapat 1 karung gede, efektif dalam menjaga kelembaban, bila suhu lingkungan panas maka savmon bisa menguburkan diri di dalam cocopit supaya merasa adem.
kekurangan : bila terlalu basah dapat menempel pada biawak dan kandang sehingga kurang sedanp untuk dipandang, dapat mengotori tempat minum atau tempat berendam, dapat menempel pada makanan terutama pada makanan yang berminyak seperti daging ayam mentah dll.
2. cocochip
kelebihannya : bentuknya besar-besar sehingga kecil kemungkinan untuk tertelan, tidak memberi kesan kotor pada savmon dan kandang, efektif dalam menyerap air, pembersihan dan penggantian bisa cukup lama.
kekurangan : barangnya susah didapat, harga cukup mahal dibandingkan cocopi, ada yang bilang rawan terkena jamur.
3. Pasir malang
Kelebihan : cukup efektif menyerap bau dan menggumpalkan kotoran, harga murah dan mudah didapat
Kekurangan : rawan tertelan, bila anda mempunyai aqarium yang suka diangkat angkat maka pasir malang akan menambah berat aquarium tersebut dan kasian yang punya sakit punggung heheheh, tidak terlalu efektif menyerap air.
4. koran
Kelebihan : Murah karena bisa pake koran bekas apalagi kalo anda atau bapak anda langganan koran heheheh, kandang bisa terlihat rapih dan tidak kotor, bisa menjadi pertolongan pertama saat air tumpah, tidak akan termakan biawak.
Kekurangan : mudah diacak-acak sama savmon, kalo basah sudah pasti lebih mudah diacak-acak sehingga membuat kandang terlihat kotor, tidak menyerap bau, tidak menggumpalkan kotoran, minimal setiap hari ganti, rawan pertumbuhan kuku yang kurang sempurna.
Makanan
Untuk bagian makanan bisa anda kasih jangkrik, ulat hongkong, tikus putih, daging ayam mentah, tapi saya cenderung untuk memberi tikus putih karena gizinya baik untuk reptil
Perawatan
Untuk perawatan biasanya saya selalu menjemur savmon di pagi hari sekitar jam 9 sampai jam 10 dan sorenya sering saya lap badannya menggunakan air hangat
Oke bro sekian dari saya, semoga info ini bisa bermanfaat untuk anda dan savanah monitor peliharaan anda sekalian, kalo ada pertanyaan atau ada yang ingin ditambahkan silahkan melalui komentar :)



{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment