Iguana

Diposkan oleh Unknown on Sunday 21 September 2014



Iguana, Di Indonesia banyak sekali orang yang suka memelihara Iguana, terutama bagi pecinta Reptil, semakin besar Iguana yang dia punya semakin keren untuk dibawa kemana-mana, terutama untuk dibawa ke tempat pameran reptil :)

Pada Kesempatan kali Ini saya akan membahas Tentang Iguana dan cara merawat Iguana.
Iguana adalah sejenis kadal yang sering ditemukan di daerah tropis Amerika Tengah, Ameruka Selatan dan Karibia, Pertama kali Iguana diperkenalkan oleh seorang naturalis kebangsaan Austria yang bernama Josephus Nicolaus Laurenti pada tahun 1768, Iguana mempunyai 2 spesies yaitu Iguana Hijau ( Green Iguana ) dan Iguana Antilles kecil.

Kedua spesis Iguana tersebut mempunya lipatan kulit dibawah rahang, sekumpulan kulit yang mengeras yang berderet di punggungnya hingga ekor, dan mata ketiga yang ada dikepala nya, mata ini disebut mata pariental, yang mirip seperti tonggak di atas kepalanya, dibelakang nya ada sisik kecil yang menyeruapai paku panjang yang disebut tuberculate scale, Iguana juga memiliki sisik besar bundar dipipinya yang disebut sebagai selubung subtimpani.

Karakter dan Sifat

Iguana adalah hewan penyendiri, kemana-mana selalu sendirian, tapi pada saat musim kawin dimulai Iguana Jantan bergerak untuk mencari Iguana betina, ketika menemukan Iguana betina maka si iguana jantan akan menggerakan Kepala nya sambil memamerkan jenggernya.

Cara merawat Iguana

Merawat iguana tidak semudah merawat Hamster atau Leopart Gecko, Iguana lebih sulit dipelihara, Iguana itu tidak mempunyai cadangan makanan jadi kita harus memberi makan setiap hari ( pagi, siang, sore ), dari segi makanan juga harus diperhatikan, kebersihan kandang juga harus di jaga, dan Iguana juga mudah stres.

1. Makanan dan Minuman

Supaya Iguana tidak mudah terserang penyakit Makanan Iguana juga harus diperhatikan, Jangan pernah anda memberikan daging atau makanan bekas hewan liar lainnya kepada Iguana, Karena hal ini akan menyebabkan Iguana menjadi ganas atau galak, sebaiknya Iguana diberikan sayuran dan buah-buahan yang segar seperti sawi, kangkung , bayam, pisang, apel dan pepaya.
Jangan Lupa sediakan minuman setiap hari, jangan tempat minuman tidak ada isinya.

2. Kandang

Kandang juga sangat penting buat Iguana, Ukuran kandang juga harus disesuaikan dengan ukuran Iguana supaya Iguana dapat bergerak bebas, Perhatikan kebersihan kandang pada Iguana, jangan sampai kandang Iguana terlihat Kotor dan bau, apabila kandang terlihat kotor dan bau segera dibersihkan karena apabila tidak dibersihkan Iguana akan mudah terserang penyakit.

3. Iguana Mudah stres.

Sebagaimana penjelasan saya yang diatas, bahwa Iguana adalah hewan yang mudah stres, oleh karena itu sangat penting bagi anda mengenal ciri-ciri iguana ketika stres, pada saat Iguana stres biasanya Iguana tidak nafsu makan, galak , kulit menjadi terlihat gelap, bertingkah kasar, bergerak tidak beraturan.
Untuk solusi nya anda harus memperhatikan terlebih dahulu makanan dan kondisi kandang, mungkin makanan yang anda berikan kurang disukai Iguana, dan perhatikan juga kondisi kandang apakah ukuran nya terlalu kecil atau kandang terlihat kotor dan bau, maka dari itu segera pindahkan Iguana ketempat yang tenang, kandang yang bersih, berikan Iguana suplemen yang ditaburi diatas makanan atau minuman Iguana dengan harapan Iguana tidak stress lagi.

Iguana Membutuhkan Sinar Matahari

Sama seperti kebanyakan reptil lainnya, Iguana juga membutuhkan sinar matahari agar penyerapan nutrisi dapat berjalan dengan lancar, solusi nya adalah jemur Iguana antara pukul 08-10 pagi, karena pada jam segitu sinar matahari sangat cocok untuk Iguana dan Ingat jangan sampai terlalu lama menjemur Iguana karena apabila terlalu lama Iguana bisa mati kepanasan.

Dalam perawatan Iguana dibutuhkan kesabaran dan perhatian yang lebih sehingga dia menjadi hewan yang benar-benar jinak dan menganggap anda sebagai teman bukan sebagai ancaman, jangan lupa untuk sering memberikan vitamin dan jangan dekatkan dengan hewan yang dapat membuat iguana tidak nyaman seperti tikus, kucing dan anjing.

Oke, sekian Info dari saya, apabila ada yang ingin bertanya dan mau menambahkan silahkan melalui kolom komentar, salam Reptil Lovers..
Terima Kasih :)






{ 3 komentar... read them below or add one }

Karel said...

Kak saya punya bayi iguana, tiap hari di jemur. Yang tadinya warna hijau sekarang berwarna kecoklatan di punggung dan kepala berwarna abu gelap. Itu bisa kembali seperti semula ga ?

Devina Evina said...

Promo www.Fanspoker.com :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup
|| bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

Unknown said...

mau tanya, klo iguana sheding apa nafsu makannya emng berkurang yah.?
terimakasih.....

Post a Comment