cara merawat kucing persia

Diposkan oleh Unknown on Wednesday 10 September 2014


halo bro, apa kabar ?
semoga baik-baik aja ya :)
pada postingan sebelumnya saya telah membahas
tentang Tips membeli kucing persia, dan sekarang saya akan membahas tentang cara merawat kucing persia.
cara merawat kucing persia sangat penting dan wajing kita lakukan setelah kita memutuskan untuk memelihara kucing di rumah, berikut ini adalah cara merawat kucing persia :

1. Sediakan perlengkapan kucing

Sebelum kita mengetahui cara merawata kucing, sebaiknya siapakan dulu perlengkapan kucing, diantaranya :

- tempat makan dan minum, sebaiknya terbuat dari plastik atau stainless
- bak pasir untuk membuang kotoran
- serokan, untuk membuang kotoran yang ada di bak pasir
- kandang kucing, sediakan kandang yang cukup besar.
- pet cargo, kandang kucing yang bisa dibawa kemana-mana.
- sisir kucing, gunting kuku kucing
- disenfektan
- shampo kucing
- handuk, untuk mengeringkan bulu kucing setelah dimandikan
- blower atau hair dryer

2. Makanan dan minuman kucing.

Memberi makanan pada kucing itu wajib bagi owner / tuannya, makanan kucing dapat mempengaruhi kesehatan dan daya tahan tubuh pada kucing, berilah makanan kucing yang bergizi, pilihlah makanan kucing yang mengandung protein, kalsium dan vitamin, sebelum membeli makanan untuk kucing kenali terlebih dahulu makanan tersebut, jangan sampai salah pilih makanan karena dapat merusak sistem pencernaan pada kucing tersebut.
Selain memberi makan, kucing juga butuh minum, karena air itu sangat penting untuk pencernaan si kucing, usahakan setiap hari tempat minum selalu diisi lalu pastikan kucing meminum minuman yang bersih dan selalu ganti minuman pada tempat minuman kucing setiap hari.

3. Jaga Kebersihan kandang

selain memberi makan dan minum, untuk menjaga kebersihan kandang juga penting, jangan cuma sekedar memberi makan dan minum saja, karena untuk memberi makan dan minum juga bisa dilakukan oleh anak kecil, bersihkan kandang kucing setiap hari karena hal ini dapat membantu kucing terhindar dari penyakit.

4. Perawatan bulu kucing

Merawat bulu kucing juga sangat penting, karena untuk menghindari penyakit kulit atau parasit seperti kutu dan jamur, apalagi yang kita pelihara ini adalah kucing persia yang berbulu panjang, karena perawatan bulu kucing harus lebih extra dari pada perawatan kucing yang berbulu pendek.
Cara merawat bulu kucing yaitu dengan menyisir bulu kucing setiap hari dengan bertujuan untuk merapaikan bulu kucing dan mengangkat bulu kucing yang mati, bulu mati yang tidak terangkat dapat menyebabkan bulu gimbal pada kucing dan bulu gimbal dapat menyebabkan sarang kutu pada kucing, dan kutu tersebut dan menyebabkan rontok pada bulu kucing.
Selain itu kita harus memandikan kucing karena dapat membersihkan kotoran yang menempel pada bulu dan kulit kucing, untuk memandikan kucing itu minimal 2 minggu sekali, apabila bulu kucing terlihat kotor sebaiknya langsung dimandikan untuk mencegah peluang penyakit kutu dan jamur, gunakanlah shampo yang dibuat khusus kucing untuk memandikan kucing anda, apabila anda malas untuk memandikan, anda bisa membawa kucing anda ke pet shop yang dekat rumah anda.

5. Sediakan tempat kotoran kucing

Kucing adalah hewan yang menyukai kebersihan, apalagi kucing persia yang berbulu tebal dan panjang.
sediakan tempat kotoran kucing yang terbuat dari plastik supaya mudah dibersihkan, dan sebaiknya kasih pasir zeolite atau pasir yang menggumpal karena pasir tersebut dapat menyerap bau dari kotoran kucing tersebut.

6. Vaksinasi kucing

Sesuai ketentuan dokter hewan, kucing itu sangat dianjurkan untuk di vaksin untuk merangsang kekebalan tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh dari serangan virus dan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan kematian pada kucing.
Anak kucing sebaiknya di vaksin pada umur 2-3 bulan dan diulang pada 1 bulan berikut nya untuk meningkatkan kekebalan tubuh si kucing, setelah itu vaksin kucing dianjurkan pengulangan setiap tahun.
Selain vaksin kucing juga membutuhkan asupan vitamin tambahan supaya kucing tetap dalam kondisi sehat, beri vitamin A, D, E, Lysine, minyak ikan, Omega 3, Omega 6 dan lain-lain.

Oke, sekian dulu info dari saya, semoga info ini bisa bermanfaat untuk agan semua, apabila ada yang kurang atau ingin menambahkan silahkan melalui komentar :)

{ 1 komentar... read them below or add one }

Anonymous said...

Artikelnya Sangat Menarik
Cerita Sex Dewasa Terbaru 2015
Info Jadwal Hasil Prediksi Bola dan Togel Hari ini

Post a Comment