cara ternak leopard gecko

Diposkan oleh Unknown on Saturday 23 August 2014

apa kabar bro ?..sehat kan ?
hehehehe sok akrab banget ya..


oke bro kembali lagi bersama malmalia.blogspot.com, kali ini saya akan membagi tips cara beternak Leopart Gecko ..

sebelum saya memberikan tips nya, saya mau bertanya dulu, Leopart gecko itu apa sih ?

Leopart Gecko adalah Reptil berkaki yang berasal dari PakistanIndia dan Iran, dan sekarang sudah menjadi hewan peliharaan populer karena relatif mudah dipelihara, dan biasanya Leopart gecko itu aktif pada malam hari..


oke bro langsung aja ke inti pembicaraan kita..
bagi kalian yang ingin beternak Leopart Gecko ada beberapa hal yang harus kalian lakukan..
di antaranya :


1. Pilihlah Indukan dan Pejantan yang sehat, ini sangat penting bro,, karena indukan yang sehat berpengaruh pada telur yang akan dihasilkan..
pilih Indukan yang sehat, gemuk , lincah dan nafsu makan tinggi, untuk melihat pergerakan Leopart Gecko lihatlah pada malam hari, jangan memilih indukan yang sakit, kebanyakan diem dan jarang mau makan.


Indukan dan Pejantan

2. Setelah mendapatkan Sepasang Leopart Gecko yang disebutkan di atas, satukan sepasang Leopart Gecko ke dalam kandang atau aquarium lalu beri alas koran atau tisu, jangan memberi alas cocopit pada aquarium karena dapat membuat alat kelamin jantan terkena infeksi dan tidak bisa masuk lagi dan jangan lupa untuk membuat laying box atau kotak plastik yang berisi cocopit lalu dikasih pintu masuk,,tujuannya agar indukan dapat menaruh telur ke kotak tersebut.. 
Ingat ya bro, yang dikasih alas cocopit hanya laying box saja.

Bentuk laying box  

3. Setelah di satukan jangan diliatin bro,, biarin aja sampe mereka melakukan proses perkawinan. Dan biasanya pada saat terjadi perkawinan, pejantan akan mendekatkan kelaminnya pada betina dengan berpegangan / menggigit pada bagian belakang leher dengan giginya, kemudian pejantan akan melepaskan sperma hemipenis ke indukan betina yang kemudian sperma tersebut akan disimpan oleh indukan betina.


proses perkawinan


4. Setelah proses kawin selesai biasanya 2 minggu kemudian Indukan Leopart Gecko akan bertelur untuk clutch yang pertama, ciri-ciri indukan yang mau bertelur yaitu ditandai tidak mau makan, cocopit pada laying box akan berantakan dan itu tandanya si betina mau bertelur, pada besok atau lusa badan betina akan terlihat kurus dan itu tandanya si betina sudah mengeluarkan telur.

5. Setelah terus betina mengeluarkan telur segera buka dan periksa wadah laying box , inget buka nya hati-hati ya bro jangan di obok-obok kalo bisa cari telur menggunakan kuas, bayangin aja kita lagi di situs penggalian untuk cari tulang dinosaurus hehehehe

6. setelah ketemu telurnya diamkan dulu telurnya dan tandain bagian atas telur pake spidol, lalu siapkan wadah inkubasi / inkubator, cara membuatnya yaitu siapkan vermiculite ( gambar : cek google )   dan container bening yang bertutup rapat terus kasih lobang kecil sebanyak 3-5 lubang aja, dan untuk vermiculite saya pake 2 type yang kering dan basah ( di mix bingung cara mix nya ? lanjut cara ke 7 bro.

7. setelah kedua bahan itu siap, bagi vermiculite menjadi 2 bagian yang basah dan kering untuk vermicule yang basah saya kasih air hangat, karena yang dicari hanya lembabnya saja lalu peres pake tangan supaya gak terlalu basah, setelah itu taro vermiculite yang basah terlebih dahulu di dalam kontainer bening habis itu taro vermiculite kering diatas nya, kenapa harus begitu ? karena apabila terlalu basah atau lembab bisa menyebabkan telur menjadi busuk

8. setelah itu pencet vermiculite pake jempol, jangan terlalu dalam, buat patokannya karena telur hanya perlu setengah masuk, ini berguna supaya telur tidak goyang.

9. ini bagian deg-deganya bro hehehehe, pindahin telurnya dari laying box ke inkubasi yang tadi disiapkan, inget ya pindahin telurnya secara perlahan dan inget tanda yang dikasih pake spidol tadi supaya posisi telur jangan sampe terbalik, kalo sampe terbalik kemungkinan besar embrio akan mati, setelah itu tutup dan taro di ruangan yang suhunya 26-30 derajat, asal suhu gak dibawah 23 atau diatas 35 derajat itu gak jadi masalah.


posisi telur


10.  setelah sekitar 35-60 hari telur akan menetas dan biasanya yang menetas sekitar 35-40 hari itu berkelamin jantan dan 45-60 itu berkelamin betina.


baby gecko


11. dan terkahir untuk perawatan baby Leopart gecko yang baru menetas, siapkan kontainer dan kasih alas tisu lembab lalu masukan baby tersebut ke dalam kontainer yang sudah tersedia air, dan sekitar 3 atau 4 hari baby Leopart gecko akan pup / sheeding untuk yang pertama kalinya setelah itu kasih makan berupa jangkrik yang ukurannya sangat kecil tidak melebihi ukuran kepala si baby atau lebih mudahnya bisa dikasih ulat hongkong, setelah baby tumbuh sekitar 2 minggu dan makan lancar boleh diganti alasnya menggunakan cocopit atau dolomit.

oke bro, sekian dulu saran dan tips dari saya semoga dapat membantu, kalo misalkan ada yang salah mohon di maafkan, apabila ada yang kurang dan ingin bertanya silahkan melalui kolom komentar :)


{ 1 komentar... read them below or add one }

Devina Evina said...

Promo www.Fanspoker.com :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup
|| bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

Post a Comment